10 Persamaan antara Bangkok dan Jakarta

10 persamaan Bangkok dan Jakarta.

Tulisan ini tidak ada maksud tertentu untuk maupun penilaiannya pun subjektif dari sudut pandang saya sendiri selama melakukan perjalanan ke Bangkok ataupun pengalaman saya tinggal di Jakarta selama 5 tahun.

Persamaan Bangkok dan Jakarta sebagai berikut:

  1. Sudah pasti dan tentunya semua orang tahu bahwa Bangkok dan Jakarta sama-sama Ibukota negara serta pusat roda perekonomian di negara bersangkutan.
  2. Macet parah pada jam-jam berangkat kerja dan pulang kerja

Sudah bukan rahasia umum lagi tantangan utama untuk kota-kota metropolis sebesar Bangkok dan Jakarta untuk memobilisasi ledakan penduduk pada jam-jam produktif menimbulkan kemacetan panjang sepanjang jalan.

  1. Mall berceceran dimana-mana

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Jakarta dan Bangkok ditiap pengkolan dengan sangat gampangnya numpang ngadem di Mall. Kalau di Jakarta ada Grand Indonesia, Plasa Indonesia, Senayan City dan kawan-kawan, Bangkok juga punya MBK, Cental World Plaza, Siam Discovery, Siam Paragon dan sebagainya.

  1. Sama-sama punya ojek

Jangan bangga dulu kalau di Jakarta sekarang lagi demam Gojek dan semua orang berbondong bondong pengen jadi tukang ojek. Ternyata ojek bukan cuma ada di Jakarta atau Indonesia pada umumnya, di Bangkok ojek juga berjamuran walaupun tidak berseragam ijo-ijo.

  1. Gedung elit, backgroundnya kawasan kumuh

Kalau kita sering liat pemandangan dari Grand Indonesia dengan pemandangan Kebon Kacang dan Kampung Bali, di Bangkok pemandangan seperti ini juga tersaji dari atas mall-mall maha wahnya.

  1. Semua film lokal dengan setting di kota ini.

Kalau sering nonton talkshow,sinetron, bahkan acara lawak si stasiun tv nasional di Jakarta, hampir bisa ditebak lokasi pengambilan gambarnya pasti di Jakarta, begitu juga di Bangkok.

  1. Gerobak penjual makanan pinggir jalan bertaburan layaknya bintang di malam hari.

Kalau di Jakarta jalan Sabang atau Pecenongan rame sama jajanan kaki lima yang beroperasi pas malam-malam, di Bangkok hampir bisa dipastikan setiap jalan dan tikungan pasti banyak yang jual makanan yang menggoda selera. Kalau di Jakarta abang Nasi Goreng jadi rajanya, kalau di Bangkok abang Kwetiaw (Pad Thai) yang merajalela.

  1. Kendaraan Roda 3 adalah kendaraan semiformal

Kalau di Jakarta keberadaan Bajaj adalah moda transportasi yang ditunggu tunggu sekaligus yang disumpah serapah gara-gara bising, di Bangkok juga ga mau kalau sama keberadaan Tuk-Tuk.

  1. Sistem naik bus umum adalah sistem tempel pantat dulu baru bayar.

Berbeda dengan bus-bus umum di Kuala Lumpur dan Singapura yang mesti bayar ke sopir duluan kalau naik bus baik pake e-money maupun bayar tunai yang ga pake kembalian. Kalau di Bangkok dan Jakarta naik Bus, nyari tempat duduk dulu ntar kernetnya yang hampirin kita buat setoran bayar.

  1. Mobil-mobil merek Jepang adalah raja jalanan

Logo Suzuki, Honda, Nissan, apalagi Toyota merupakan logo wajib di gedung-gedung parkir dan jalanan. Kondisi mobilnya pun ga kalah kinclong sama di Jakarta. Kalau boleh dikasih rating se ASEAN, dua negara ini dan dua kota ini jadi kampiun kantong-kantong mobil Jepang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s