Hotelier Story : “Traktir Tamu Ala Hotelier”

Jadi Frontliner dan notabene kerjaannya adalah sebagai kasir juga merupakan kerjaan susah-susah gampang. Inti dari fungsi kasir cuma satu yakni sebelum tamu check out, semua tagihan tamu sudah harus dilunasin dan kalaupun ada tagihan yang melebihi deposit Kami wajib menghubungi tamu yang bersangkutan. Biasanya autorisasi ulang kartu kredit dengan tambahan nominal tertentu lagi. Dan tentu saja mengembalikan sisa deposit tamu apabila ada kelebihan.

Cerita sial pernah datang pas saya baru seminggu kerja sebagai resepsionis, ada tamu yang merupakan anggota program loyalti hotel yang punya benefit gratis mengkonsumsi minibar senilai sekian puluh ribu Rupiah perhari dan berlaku komulatif kecuali minuman beralkohol di minibar. Sialnya pas check out  saya yang memproses tagihan tamu yang bersangkutan dan menemukan bahwa jumlah transaksi masih mencukupi sejumlah nilai benefit keanggotaan tamu. Selesai proses tagihan tamu sudah saya rebate dan lunas,tamu saya persilakan check out.

Pas akhir shift ketika saya cek closingan transaksi kasir atas nama saya, ternyata ada selisih seratusan ribu lebih transaksi tamu dari minibar dengan minuman alkohol. Karena tamunya tidak punya deposit dan penutupan transaksi kasir atas nama saya harus selesai waktu itu juga, saya harus merelakan uang pribadi membayar sejumlah uang perbedaannya. Tamunya secara ga langsung saya traktir minum bir di hotel. Huftttttt

Lain tamu, lain cerita. Kejadian menombok tagihan tamu yang paling nyesek justru datang dari tamu dari New Zealand yang check out tanpa melewati konter dan deposit kartu kreditnya melebihi limit yang tidak bisa ditarik secara manual untuk menutupi tagihan transaksi tamunya selama menginap yang sudah menggunung. Saat itu memang karena ada beberapa kelalaian dari tim kecil kita sebagai FDA, total tombokannya senilai hampir TIGA JUTA RUPIAH yang harus kita bagi-bagi bersepuluh, berasa nyesek banget harus traktir tamu nginap dan makan gratis di hotel. Terkutuk Mr Par**r yang ngakunya punya konsultan bisnis di New Zealand tapi tidak bisa dihubungi terus menerus.

Leave a Reply

